Sedang Dibaca
KAMPUS

Biar Dilirik Perusahaan, Fresh Graduate Harus Punya Attitude Baik

Ilustrasi : Reuters

Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi, membuat para pencari kerja selayaknya meningkatkan kompetensi dirinya sendiri. Bekal kompetensi yang dimiliki saat kuliah tidak lagi cukup untuk mampu bersaing dalam dunia kerja kelak.

Lantas kompetensi apa yang harus dikuasai oleh seorang pencari kerja? Mengupas tuntas masalah tersebut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar Seminar Dunia Kerja dan International Certification Program.

Acara besutan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) itu menghadirkan Head of Mobile App. Development Community Telkomsel, Dito Respati. Pada kesempatan tersebut dia menyebut, saat ini dalam mencari calon karyawan, perusahaan atau instansi  menerapkan model perekrutan berbasis kompetensi.

Sehingga, lanjutnya, lulusan perguruan tinggi tidak dilihat dari ijasahnya saja, tetapi kemampuannya. Tidak hanya, Dito menyebut, dalam dunia kerja dikenal istilah TASK yaitu talent, attitude, skill, dan knowledge.

“Keempat aspek tersebut mutlak harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi. Namun dari keempat tersebut yang paling utama adalah attitude. Di mana pun attitude akan selalu jadi penilaian nomor satu. Sedangkan urutan kedua barulah skill,” papar Dito, seperti dikutip dari ITS Online, Jumat (10/5/2013).

Senada dengan Dito Respati, Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) Agus Zainal Arifin, juga menekannya perlunya spesialisasi bagi lulusan perguruan tinggi. ”Ke depannya, lulusan dari perguruan tinggi haruslah mempunyai standar bidang keahlian masing-masing program studinya,” tutur Agus.

Untuk mendukung peningakatan kualitas dari lulusannya, setiap perguruan tinggi harus mempunyai standar learning outcomes. Pasalnya, pada 2014 akan diberlakukan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). ”Dengan adanya KKNI, lulusan tiap perguruan tinggi akan memiliki ‘harga jual’ yang sama,” tegasnya.

Akibatnya, lulusan perguruan tinggi yang mempunyai sertifikasi pada suatu bidang keahlian tertentu akan mempunyai nilai yang lebih tinggi. Misalnya, lulusan yang mempunyai sertifikasi internasional akan lebih dicari perusahaan. ”Persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat, harus dibarengi dengan kompetensi baik,” tandas Agus.

Sumber: okezone kampus

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Juni 2013
M S S R K J S
« Mei   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: