Sedang Dibaca
KAMPUS

UI Punya 250 Guru Besar

Setelah melantik dua guru besar baru hari ini, Rabu (20/3/2013), Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Biran Affandi mengatakan, hingga saat ini, UI sudah memiliki 250 guru besar. Biran mengatakan bahwa UI memang tergolong kampus dengan guru besar yang terbanyak. Namun, lanjutnya, jumlah ini masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa UI yang ada.

“Masih kurang karena kita memiliki 13 fakultas, sementara mahasiswa kita sekitar 50.000,” tuturnya usai pelantikan dua guru besar FT UI di Balai Sidang UI.

Selain itu, Biran mengatakan, jumlah guru besar yang dimiliki UI masih kurang ideal jika melihat cita-cita UI untuk menjadi research university atau universitas riset. Pasalnya, sebuah universitas riset ditandai dengan riset yang terus berkembang yang didorong oleh para guru besarnya.

“Apa artinya research university? berarti bahwa yang diajarkan itu bukan hasil semata dari baca buku, tetapi dari hasil pengalaman dan hasil penelitian sehingga dengan demikian ilmu berkembang. Kalau cuma mereproduksi diktat 10 tahun lalu ya enggak ada gunanya,” tandas Biran.

Hari ini, UI melantik Danardono Agus Sumarsono dan Isti Surjandari Prawiradinata dari FT UI menjadi guru besar tetap. Danardono dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang teknik otomotif dan desain rancang bangun mekanikal, sementara Isti sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang rekayasa kualitas

Dalam acara pelantikan ini, Isti membacakan pidato bertajuk “Peran Rekayasa Kualitas dalam Meningkatkan Daya Saing Industri di Era Globalisasi”. Menurut pengajar di Departemen Teknik Industri FT UI ini, rekayasa kualitas dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk yang lebih berdaya saing di pasar.

Sementara itu, Danardono membacakan pidato berjudul “Menuju Kemandirian Industri Alat Transportasi Darat Nasional Masa Depan Berbasis Penguasaan Teknologi Rancang Bangun dan Manufaktur”. Pengajar Departemen Teknik Mesin FT UI ini berpendapat bahwa kendaraan listrik merupakan solusi masa depan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan ketahanan nasional di bidang energi.

Dari 250 guru besar yang dimiliki UI, Fakultas Teknik UI memiliki jumlah guru besar terbanyak dengan 42 profesor, diikuti oleh Fakultas Kedokteran dengan 35 profesor.

Sumber: Kompas 

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Maret 2013
M S S R K J S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: