Sedang Dibaca
KAMPUS

Kompetensi yang Dicari Perusahaan

Ilustrasi: Her Campus.

Bukan rahasia lagi jika masih ada jurang antara kebutuhan dunia industri dengan kompetensi para lulusan perguruan tinggi. Apa sebenarnya kompetensi yang dicari pihak industri dalam diri mahasiswa?

HC Analyst Recruitment & Career Develompent Division Astra International Puti Larasati mengakui adanya gap tersebut. Bahkan, dia menyatakan, keterlibatan pihaknya dalam kegiatan semacam job fair bukan bertujuan untuk proses perekrutan.

“Bagi kami, Job Fair di kampus-kampus, tujuan utamanya bukan rekrutmen tapi awareness dari mahasiswa. Rekrutmen pasti dapat. Tapi targetnya diturunkan jika dibandingkan rekrutmen langsung. Misalnya dari pelamar 1.000 kami bisa rekrut 900 tapi kalau di job fair dari 1.000 pelamar, hanya kami berikan 700,” ujar Puti kepada Okezone, di sela Binus Online Job Expo, di Kampus Binus, Jakarta Barat, Rabu (20/3/2013).

Mewakili pihak industri, Puti menyebutkan sejumlah kompetensi yang dicari dalam diri para lulusan. Kriteria pertama, katanya, pihak industri, khususnya Astra, melihat kemampuan akademis calon karyawan.

“Kami cari orang yang pintar. Karena bagaimanapun juga, kapasitas otak tetap diperlukan. Namun, mereka juga harus memiliki banyak kegiatan di luar kampus. Bukan sekadar mahasiswa kuliah pulang-kuliah pulang (kupu-kupu),” ungkapnya.

Menurut Puti, exposure di luar akademis, seperti organisasi dan beragam kegiatan komunitas lainnya menunjukkan jika orang tersebut mau berkembang. Ada keinginan untuk terus mengembangkan diri dan tidak cepat puas.

Kompetensi selanjutnya, adalah kemampuan bekerja dalam tim. “Salah satu value astra team work, jadi kalau tidak mampu bekerja dalam tim, maka tidak akan lolos seleksi,” papar Puti.

Semua kompetensi tadi, tambahnya, harus didukung oleh interpersonal skill yang baik. Puti menegaskan, kemampuan komunikasi antarpersonal tidak dapat diukur dengan banyaknya jumlah teman atau follower dalam akun jejaring sosial.

“Selain itu, kami juga mencari anak-anak yang memang mau belajar. Ini akan kelihatan dari pola berorganisasi yang mereka jalani,” tutupnya.

Sumber: Okezone

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Maret 2013
M S S R K J S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: