Sedang Dibaca
CATATANKU

Apa Kabar Bhineka Tunggal Ika?

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang luas, bangsa yang kaya dan penuh keanekaragaman, baik itu keanekaragaman hayati, flora , pauna, atau pun keanegaramana budaya, suku dan ras. Hal ini lah membuat bangsa ini menjadi bangsa yang besar, bangsa yang penuh dengan keindahan dan budaya yang begitu kental. Budaya itu membuat bangsa ini semakin kaya dan semakin indah untuk kita lestarikan untuk kita jaga bersama-sama.

Bangsa Indonesia sejak kelahirannya, dengan mengambil saripati kearifan leluhur Bangsa, telah menegaskan pengakuannya akan perbedaan-perbedaan yang bersifat niscaya, baik dalam hal suku, agama, ras, budaya dan lain sebagainya. Perbedaan-perbedaan itu sesungguhnya adalah kekayaan bangsa Indonesia.Namun demikian, dibutuhkan kecerdasan dan kearifan untuk mewujudkan hal tersebut. Sehingga terciptalah kata “Bhinneka Tunggal Ika” yang menyatakan tekat bahwa kita berbeda-beda tapi kita tetap satu, satu Tanah air, satu bangsa, satu Negara, dan satu bahasa persatuan. Kita semua berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun Alpanya kearifan dan kecerdasan dalam pengelolaan perbedaan, baik oleh kelompok-kelompok masyarakat maupun ketidak hadiran peran pemerintah, dapat berujung pada timbulnya konflik ditengah-tengah masyarakat. Alpanya kecerdasan dan kearifan kelompok-kelompok masyarakat dan ketidakhadiran peran pemerintah secara real dan substantif dalam mengelola perbedaan, kini mewujud dalam konflik antar kelompok masyarakat, sepertinya konflik di Lampung, Sumbawa Besar dan daerah lainnya. Konflik- konflik ini sangat disayangkan karena sebetulnya tidak mesti terjadi apalagi sampai membawa nama suku, ras dan daerah hingga menyebabkan perusakan dan pembakaran rumah ibadah yang mestinya menjadi tempat kita berdoa dan bersyukur , penjarahan dan pembakaran terhadap rumah-rumah penduduk yang belum tentu terkait dalam kasus yang menjadi penyebab konflik.

Lantas dimana Bhinneka Tunggal Ika yang telah dibentuk oleh pendiri bangsa kita.? Apa kabarnya kata-kata itu? Mengapa kita tidak lagi bersatu? Apakah kita diciptakan untuk saling menyakiti dan saling membenci?

Konflik- konflik ini tentu saja hal yang sangat disayangkan. Konflik yang terjadi juga sebagai bentuk gagalnya pemerintah baik pusat maupun daerah dalam menciptakan rasa aman yang merupakan hak asasi dari setiap warga Negara. Gagalnya POLRI melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menciptakan kemanan dan pengayomanterhadap warga negara. Gagalnya muspida, tokoh agama dan tokoh masyarakatuntuk menenangkan masyarakat dan melakukan memediasi perdamaian sehingga tercipta komitmen perdamaian yang kuat.

Tentu hal ini menjadi sebuat “tugas besar” bagi kita semua untuk menciptakan sebuah perdamaian terhadap bangsa yang kita cintai ini. Jangan sampai kita akan terjajah lagi akibat kegagalan kita menciptakan persatuan dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diberikan oleh pendiri bangsa kita. Buktikan kepada dunia bahwa kita satu dalam bingkai NKRI.

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Maret 2013
M S S R K J S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: