Sedang Dibaca
MATERI KULIAH

Strategi Kewirausahaan

Rencana Pendirian

Sebelum mendirikan usaha ini terlebih dahulu dilakukan survie atau memilih tempat yang dianggap strategis sebagai tempat pendirian usaha rental komputer.

Adapun strategi surveinya adalah: Melihat objek disekitar lokasi rencana pendirian seperti adanya pusat perkantoran pemerintahan, sekolah, rumah sakit, kampus, dan tempat – tempat umum lainnya yang terjangkau oleh usaha ini. Setelah melakukan survey objek, maka dilakukan survey kemungkinan lokasi dari saingan usaha yang sama serta kelayakan bangunan yang akan ditempati. Setelah melakukan tahapan survey maka mulailah pada tahap perenovasian gedung atau ruko sesuai dengan rancangan tempat usaha yang akan dibuat. Dalam perancangannya dibuat seindah mungkin sehingga tidak membuat adanya kesan kebosanan dari pengunjung, dengan menyediakan ruang tunggu dan TV, ruangan ber AC, toilet, bangku atau kursi, makanan dan minuman ringan, serta lahan parkir yang memadai.

Setelah bangunan atau ruko siap, barulah mulai mempersiapkan segala perlatan teknis untuk operasional usaha. Kemudian siap melakukan opening dengan langkah memberikan pelayanan promo dengan harga diskon 50% pada 1 minggu masa opening. Hal ini dilakukan untuk menarik daya pikat masyarakat sehingga mereka dapat beralih ke usaha kami dan meningkatkan jumlah pelanggan.

Operasional

Waktu Operasi:

Usaha rental komputer PNG-COM beroperasi setiap hari terkecuali libur hari raya. Waktu operasional dimulai pukul 06.30 Wita sampai 20.00 Wita.

 

Target Usaha:

Adapun target dari usaha rental komputer ini adalah masyarakat secara umum, pegawai pemerintahan, pelajar dan mahasiswa. Sebab melihat potensi pengetikan dan printing dari tugas – tugas pelajar dan pegawai menjadi prioritas utama target usaha. Selain itu usaha print foto juga akan menjadi hal yang digemari oleh pelanggan karena kecenderungan masyarakat untuk mengkoleksi foto atau gambar yang menjadi kenangan, serta service yang disediakan untuk para pengguna komputer dan laptop juga menjadi target jasa yang akan sangat diminati.

Program Pemasaran

  1. Tingkat pelayanan

Dalam menjalankan usaha rental komputer ini kami memberikan layanan yang memuaskan melalui penerapan 3S (senyum, salam dan sapa) untuk melayani pengunjung yang datang,  layanan service panggil, pengetikan dan service dapat ditunggu dengan menyediakan kenyamanan dalam menunggu seperti ruangan berAC dan TV, dan menerima konsultasi mengenai komputer secara cuma -cuma.

  1.  Penetapan harga

Penetapan harga yang dilakukan dengan memberikan harga yang relative murah agar kiranya dapat menjangkau segala lapisan masyarakan serta memberikan harga – harga promo pada waktu tertentu seperti harga promo pada hari memperingati hari kemerdekaan RI dan pada tahun baru.

  1. Kegiatan promosi

Melakukan kegiatan promosi dengan menyediakan brosur, spanduk, stiker, iklan di media cetak serta siaran radio lokal, sehingga kiranya masyarakat dapat mengetahui keberadaan kami.

 

Rencana Pengembangan

  1. Evaluasi lokasi

Lokasi yang akan kami pilih untuk usaha ini adalah 2 ruko di Pasar Sentral Masamba Blok A nomor 3 dan 4 , Kabupaten Luwu Utara. Pemilihan lokasi ini karena dekat dengan kompleks Pemerintahan Kabupaten Luwu Utara, Rumah Sakit, Sekolah dan tempat – tempat usaha. Yang sebagian besar memerlukan jasa pengetikan serta menggunakan komputer, sehingga ketika mereka mengalami masalah dengan komputer atau laptop nya mereka tidak perlu mencari tempat service yang jauh dari kantor atau rumah mereka.

  1. Sarana

Sarana yang akan gunakan untuk menunjang kegiatan usaha ini serta kenyamanan pengunjung adalah dengan memanfaatkan : Machine Teller, AC, Toilet, Meja Kursi, Ruang Tunggu, Tempat parkir, kendaraan service panggil, Komputer, Laptop, Printer, Scanner, Kertas, dan lain- lain. Segala peralatan yang digunakan dalam operasional akan selalu di perbaharui mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat memberikan kesan modern dan kecanggihan dari peralatan yang kami gunakan.

  1. Karyawan dan teknisi

Karyawan yang di pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha rental komputer ini adalah kasir, desainer, ahli perangkat kantor, foto editor, teknisi software dan teknisi hardware.

Karyawan yang akan dipekerjakan harus mendapat pelatihan terlebih dahulu dari karyawan senior agar mereka dapat memiliki skill kerja yang professional dalam bidangnya. Setiap 2 kali setahun juga dilakukan pelatihan karyawan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga nantinya pelanggan dapat mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari karyawan kami.

  1. Pengembangan Usaha

Setelah berjalan 2 tahun serta melihat dari hasil kerja dan pendapatan dari usaha ini, maka kami akan berencana membuka cabang di tempat – tempat yang dianggap strategis seperti dekat dengan sekolah atau instansi pemerintahan. Pembukaan cabang ini bertujuan untuk memperbanyak jaringan dari usaha ini, sehingga pelanggan yang jauh dari pusat namun dekat dengan cabang maka akan mendapat pelayanan yang sama di cabang kami.

 

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Februari 2013
M S S R K J S
« Jan   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: