Sedang Dibaca
ARTIKEL ELEKTRO, TEKNOLOGI DAN SAINS

Satelit Tangkap Gambar Bumi Resolusi Tinggi

detail berita

Ilmuwan baru-baru ini mengungkap gambar Bumi terbaru ketika berada di malam hari. Gambar Bumi beresolusi tinggi tersebut ditangkap menggunakan satelit NASA dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Dilansir Redorbit, Kamis (6/12/2012), melalui tangkapan satelit tersebut, terlihat cahaya di kota yang ada di Bumi. Gambar ini mengungkap aktivitas nokturnal (malam hari) di bagian sisi gelap Bumi.

Bagian dari instrumen Visible Infrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) cukup sensitif untuk mendeteksi kilauan cahaya di malam hari yang diproduksi oleh atmosfer Bumi. Selain itu, kamera satelit juga mampu menangkap cahaya dari satu kapal yang ada di laut.

Satelit di Defense Meteorological Satellite Program Amerika Serikat membuat observasidengan sensor rendah cahaya selama 40 tahun. Namun, instrumen VIIRS dapat membantu mendeteksi lebih baik dan mengungkap cahaya Bumi di malam hari.

Steve Miller, peneliti dari Colorado State University Cooperative Institute for Research NOAA mengatakan, pihaknya tidak hanya mengamati Bumi di siang hari, namun juga perlu melihat Bumi di malam hari. “Tidak seperti manusia, Bumi tidak pernah tidur,” ungkap Steve.

VIIRS juga membantu mendeteksi pemandangan badai yang terjadi di Bumi dan kondisi cuaca lainnya. Kondisi cuaca ini seperti kabut, yang sulit untuk dikenali dengan infrared atau sensor thermal.

“National Weather Service NOAA melanjutkan untuk mengeksplorasi penggunaan pita siang-malam (satelit). Resolusi sangat tinggi dari data VIIRS akan mengambil peristiwa prakiraan cuaca di malam hari dengan tingkat yang jauh lebih tinggi,” pungkasnya.

Okezone.

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Desember 2012
M S S R K J S
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: