Sedang Dibaca
KAMPUS, UMUM

Merantau dan Tinggal di Mana

Image: corbis

Setelah wisuda dan meraih gelar sarjana, kita kerap flash back ke masa-masa kuliah dulu. Ternyata, kita sanggup, ya, bangun lebih awal dan menembus dingin untuk kuliah pagi, mengerjakan banyak makalah tiap minggu, dan menyelesaikan skripsi ratusan halaman. Sekarang, dengan ijazah di tangan, semua perjuangan itu tampaknya terbayar tunai.

Eits, tunggu dulu. Lulus kuliah dan diwisuda bukan berarti perjuangan kita selesai. Bahkan, kita harus segera menyambut dunia baru dan menempuh perjuangan lainnya. Di mana kita akan tinggal? Apakah kita bersedia merantau lagi untuk sebuah pekerjaan yang menjanjikan? Apa harapan paling minim dan tujuan paling kecil yang kita miliki?

Ternyata, enggak semudah yang kita bayangkan, ya. Untuk menentukan di mana kita akan tinggal, sebaiknya kita membuat satu daftar pertimbangan.

Tujuan jangka menengah dan panjang

Mungkin dulu kita masih berbagi rumah dengan teman-teman di sekitar kampus,  atau tinggal di asrama untuk memudahkan pekerjaan sampingan kita sebagai asisten laboratorium di kampus. Tetapi, sekarang kita punya pilihan.

Kebanyakan fresh graduate di Tanah Air akan kembali ke rumah orangtuanya begitu lulus kuliah di luar kota. Kita memang tidak berpikir untuk langsung membeli rumah, kan? Apalagi jika kita belum memiliki pegangan pekerjaan.

Surviving College, Jumat (16/11/2012) menyarankan, kita sebaiknya melihat tujuan jangka panjang dan mencari tahu kemampuan finansial kita untuk menentukan apakah kita akan menyewa rumah atau membelinya.  Kita seharusnya membuat keputusan tentang kondisi hidup berdasarkan pertimbangan finansial. Apakah harus naik kendaraan ke tempat kerja? Apakah kita sudah memiliki kendaraan atau berpikiran untuk membeli kendaraan? Berapa yang harus kita keluarkan untuk ongkos ke kantor?

Poin-poin ini sebaiknya telah kita pertimbangkan sejak masa mencari kerja. Tetapi jika belum, pastikan kita mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan tadi ketika memutuskan biaya tertentu yang akan kita keluarkan.

Pengeluaran

Ketika pindah ke tempat sendiri, entah itu menyewa atau membeli rumah, kita harus sudah mempertimbangkan semua pengeluaran yang harus ditanggung. Kita sebaiknya membayar uang sewa hingga dua tiga bulan ke depan, termasuk dengan depositnya.

Jika kita pindah ke kota baru, memindahkan barang-barang pasti butuh biaya. Ditambah, biaya hidup di kota baru tersebut bisa jadi lebih mahal. Pastikan kita memiliki uang pegangan yang cukup untuk menutupi kebutuhan lain, termasuk menabung dan mungkin saja simpanan untuk uang muka rumah suatu hari nanti.

Pekerjaan

Bahkan jika kita lulus dengan predikat “sangat memuaskan” dan sederet prestasi kehormatan lainnya, jangan harap memiliki pekerjaan pertama sama mudahnya dengan meraih hal itu. Beberapa bulan pertama dalam sebuah menjalani pekerjaan baru  adalah masa-masa penting. Kita harus membuat kesan yang baik dan menempatkan diri kita di komunitas yang telah memiliki sistem sendiri.

Dan ini berarti bukan hanya menyangkut keamanan pekerjaan yang kita miliki, tetapi ada banyak orang yang akan menjadi rekan kerja kita selama hari-hari berikutnya. Berkenalanlah dan bertemanlah dengan mereka.

Selain itu, menunjukkan kinerja yang baik dan menabung akan memunculkan stabilitas dan sumber daya yang kita butuhkan ketika ingin membeli rumah sendiri. Sampai saat itu tiba, pilihlah tempat yang memenuhi kebutuhan kita, dan juga ramah kocek.

okezone.com

 

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

November 2012
M S S R K J S
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: