Sedang Dibaca
UMUM

Demi Bumi dan Hidup Sehat

“Siapa yang tahu manfaat pohon? Ayo sebutkan apa saja?” Pertanyaan ini dilemparkan oleh penyanyi Oppie Andaresta sebelum menyanyi di depan para siswa Sekolah Dasar Lazuardi Cinere Depok Jawa Barat., Rabu (14/11/2012).

Suasana mendadak ramai. Dengan berteriak-teriak, anak-anak bergantian menyebutkan beberapa manfaat pohon yang mereka ketahui. Salah satu jawaban didengar Kompas.com dari siswa kelas IV.

“Pohon itu ada untuk penyerapan air saat hujan, untuk berteduh, dan bumi jadi lebih sejuk,” ungkapnya.

Aisah, siswi kelas II SD, ini mengatakan pohon itu baik bagi manusia sehingga manusia juga harus bersikap baik pada pohon. Oppie pun menyambut baik jawaban anak-anak tersebut dan menyambungnya dengan memberi pengetahuan soal pohon.

“Pohon itu mengeluarkan oksigen untuk kita bernafas, akarnya menyimpan air sehingga kita tidak banjir, buahnya bisa dimakan. Dan pohon juga menyerap gas karbon dioksida, jadi kita tidak kepanasan, makanya ayo kita tanam pohon,” teriaknya lagi.

Oppie pun melanjutkan kata-katanya dengan lagu yang memang diciptakannya untuk kampanye pola hidup ramah lingkungan kepada anak-anak,

“Tanam, tanam pohon, yuk tanam karena pohon banyak gunanya. Beri dia cinta, karena pohon baik pada kita. Tanam, tanam, tanam, tanam, siram siram, siram, siram,” demikian potongan lagu ‘Pohon Teman Kita’ sebagai pembuka konser Tur Edukasi Bumiku Lestari di sekolah tersebut.

Capek, tetapi harus

Program Tur Edukasi Bumiku Lestari yang digelar bersama World Wildlife Fund (WWF) ini berisi kampanye cinta bumi kepada anak-anak melalui lagu dan kegiata-kegiatan, mulai dari daur ulang, menonton film sampai menanam pohon.

“Saya selalu bangga, anak-anak selalu bisa merespon baik. Nyanyian ini dunia mereka, jadi respon mereka saat ini saja sudah berperan menyelamatkan bumi,” katanya saat berbincang dengan Kompas.com usai mengisi tur edukasi.

Meski kerap merasa keletihan, tetapi ibu satu orang anak ini harus tetap menunjukkan semangat yang luar biasa setiap kali membawakan lagu lagu bertema cinta bumi ciptaannya sendiri.

“Capek, tapi nggak apa, bumi dan badan kita jadi sehat kalau kita peduli dengan merek,” ujarnya.

Dalam menyanyikan lagu-lagunya, Oppie menyanyikannya bersama dengan empat siswa Kelas 4 dan 6 SD Lazuardi. Mereka adalah Rheina, Aisyah, Nada, dan Kayla. Khusus untuk lagu 3R yang agak nge-rap, Oppie kali ini ditemani Raihan sebagai rekan rappernya.

“Duk duk tak, duk duk tak, hey ho. My Name is Raihan, siswa kelas 3 semester satu, belajar di sekolah Lazuardi, sampai SMP, dan SMA yo yo,” begitu penggalan rap yang dibuat secara kreatif oleh Raihan.

Di lagu 3R, Oppie berpesan, kalau kita kreatif, barang-barang bekas bisa kita gunakan lagi. Dengan reuse, reduce dan recycle, kita belajar menjaga dan selamatkan bumi sekaligus juga belajar berhemat.

“Betapa senangnya hidup hemat, betapa senangnya hidup sehat, kita jadi kreatif dan pintar, aha aha kita bisa ramah pada lingkungan dengan 3R, aha aha. Say go green, say go green…” Lagunya.

Melalui lagu lainnya, Oppie lalu mengajak para siswa untuk meninggalkan sejenak kendaraan bermotor di rumah dan mulai bersemangat naik sepeda.

“Anak-anak hebat, mau tidak untuk tidak pakai mobil sejenak dulu, kita bisa lho ke sekolah pakai sepeda, main dengan sepeda. Siapa yang suka bersepeda? Ayo ada yang tahu manfaat bersepeda?” kata Oppie dari atas panggung.

Anak-anak kembali ramai menjawab. Salah satu panitia mendekat kepada seorang gadis kecil.

“Mengurangi polisi eh polusi…,” katanya sambil disambut tawa oleh para guru, panitia dan juga Oppie.

Melalui lagu bertajuk ‘Gowes-gowes’ ini, Oppie menyisipkan pesan bahwa kita harus memiliki gaya hidup sehat denganĀ  bersepeda. Selain membuat badan sehat, juga berperan mengurangi polusi.

Melihat antusiasme para siswa yang bahkan ikut menyanyikan lagu-lagu yang dibawakannya, Oppie berharap pesan-pesan yang disampaikan terserap dan membekas di benak anak.

“Yang penting setelah dari kegiatan ini, mereka membawa pulang kesan dan pesan cinta pada bumi,” pungkasnya.

kompas.com

 

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

November 2012
M S S R K J S
« Okt   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: