Sedang Dibaca
KAMPUS

Cetak Lulusan Tak Sekadar Gelar Sarjana!

UNHAS-Makassar, Ketua Mahkmah Konstitusi (MK) Mahfud MD menghadiri rapat senat luar biasa dalam rangka Dies Natalis Universitas Hasanuddin (Unhas) ke-56, Senin (10/9/2012). Rapat itu dirangkai dengan wisuda lulusan program pascasarjana dan program profesi periode I tahun akademik 2012-2013 yang dihelat di Baruga A. P. Pettarani, Kampus Tamalanrea, Unhas, Makassar.

Dalam orasi ilmiahnya, Ketua MK Mahfud MD menjelaskan bagaimana peran lulusan perguruan tinggi di masyarakat serta pentingnya pendidikan untuk mencerdaskan bangsa Indonesia dan memperbaiki moral bangsa. Menurut Mahfud, perguruan tinggi dan lulusannya harus mampu menjawab permasalahan masyarakat. Karena yang banyak terjadi saat ini, lulusan perguruan tinggi bukan menjadi aset, namun menjadi beban bagi bangsa, baik dalam kapasitas maupun moralitasnya. Lulusan perguruan tinggi tidak lagi bersikap manusiawi, mulai banyak yang terpancing dengan sikap hedonisme yang merugikan bangsa.

“Kiranya setiap kampus termasuk Unhas dapat terus berbenah dan menjalankan tanggung jawabnya serta mencetak lulusan yang tidak sekedar mendapat gelar sarjana namun juga menjadi kaum  intelektual dan cendekiawan,” ucap Mahfud MD.

Usai orasi ilmiah, rapat dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan rektor tentang penetapan penerimaan penghargaan Unhas Award bagi guru besar yang telah berjasa.

Mengambil tema “Mewujudkan Sivitas Akademika Unhas yang Berkarakter Manusiawi, Arif, Religius, Tangguh, Inovatif, dan Mandiri (Maritim) Menuju Universitas Kelas Dunia”, perayaan Dies Natalis kali ini turut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, para Muspida Sulsel, Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhammad Nizam, Wakapolda Sulsel Brigjen (Pol) Syahrul Djati Mamma, Ketua DPR Provinsi Sulsel, Muhammad Roem.

Hadir pula mantan rektor Unhas Prof. Dr. Achmad Amiruddin serta Prof. Dr. Basri Hasanuddin, mantan guru besar Unhas Prof. Dr. Halide, komisaris PT Fajar Group,  Alwi Hamu, sekretaris senat, ketua dan sekretaris dewan guru besar, para senator serta para wisudawan.

Rektor Unhas Prof. Dr. Idrus Patturusi memimpin rapat sekaligus melaporkan pada senat luar biasa mengenai tema besar Dies Natalis sebagai pengimplementasian pendidikan karakter bangsa sebagai prioritas untuk menghasilkan lulusan yang unggul.

“Tema ini ingin mencerminkan komitmen kuat dari semua jajaran pimpinan dan sivitas akademika Unhas untuk mengimplementasikan pendidikan karakter bangsa sebagai prioritas dalam rangka menghasilkan lulusan agar mampu menjawab tantangan masa depan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia,” ungkap Idrus.

Diterangkan, jumlah lulusan program pascasarjana tahun akademik
2012-2012 berjumlah 768 orang terdiri dari 44 orang doktor, 461 orang magister, 67 orang dokter spesialis dan 201 orang profesi dari akuntan, doktor, perawat, dokter gigi, dan apoteker.

Rapat senat luar biasa berakhir setelah sambutan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sebagai Ketua Dewan Penyantun Unhas. “Unhas harus dapat menciptakan intelektual-intelektual baru untuk mengubah bangsa dan negara serta Makassar ke arah yang lebih baik,” tandas Syahrul.

Terima Kasih kepada Okezone Kampus

Ingat Komentar nya ya…!! Terima Kasih

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

September 2012
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: