Sedang Dibaca
ARTIKEL ELEKTRO

Mini Audio Amplifier

Mini Audio Amplifieradalah rangkaian penguat audio sederhana dan sangat murah harganya yang berfungsi untuk memperkuat sinyal dari sumber-sumber sinyal yang masih kecil, sehingga dapat mengeluarkan suara dengan level tertentu. Rangkaian audio amplifier dapat di buat berdasarkan pada semikonduktor IC TDA7052. Rangkaian amplifier mini ini bahkan dapat di jalankan dari baterai cell.

IC TDA7052 yang terdapat pada mini audio amplifier adalah penguat output mono yang datang dalam paket DI Package (DIP). Perangkat ini di rancang hanya untuk di operasikan dengan baterai. Fitur yang terdapat pada IC ini tidak ada komponen eksternal yang di perlukan, tidak ada suara klik switch-on atau switch-off, stabilitas yang dimiliki bagus, sangat rendah konsumsi daya, rendah THD, tidak memerlukan lempeng pendingin dan hubungan arus pendek.

Berikut ini kami tampilkan gambar skema mini audio amplifier :

Mini Audio Amplifier

Bagian-bagian yang terdapat pada skema audio amplifier adalah input sinyal yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Bagian input sinyal harus mampu mengadaptasi sinyal tersebut sehingga sama pada saat di masukan ke penguat awal atau penguat depan (pre-amp).

Power Supply merupakan rangkaian pencatu daya untuk semua rangkaian. Secara umum power supply mengeluarkan dua jenis output, yaitu output teregulasi dan tidak teregulasi. Output teregulasi dipakai untuk rangkaian pengatur nada dan penguat awal, sementara rangkaian power supply tidak teregulasi dipakai untuk rangkaian power amplifier.

Keuntungan dari penggunaan IC TDA7052 adalah tetap secara internal pada 40 dB. Untuk mengimbangi pengurangan daya output karena tegangan rendah TDA7052 menggunakan prinsip Bridge-Tied Load (BTL) yang dapat memberikan output sekitar 1 sampai 2 W RMS (THD = 10%) menjadi beban 8 Ohm dengan power supply dari 6 V.

Rangkaian potensiometer dapat di gunakan untuk mengontrol volume C1 dan C2. Kapasitor yang di maksudkan disini adalah untuk menyaring supply voltage jika baterai eliminator yang digunakan sebagai sumber operasi. Untuk pasokan audio amplifier yang menggunakan batere,  C1 dan C2 tidak diperlukan.

Demikian penjelasan singkat mengenai Mini Audio Amplifier, semoga artikel mini amplifier kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang audio amplifier. Baca juga artikel lainnya tentang Power Amplifier 14 Watt IC TDA2030.

Baca Juga:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

September 2012
M S S R K J S
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: