Sedang Dibaca
KAMPUS

Masih Pentingkah Ospek?

Ospek adalah masa perkenalan mahasiswa baru dengan kampus yang dia pilih. Perkenalan di sini tidak hanya mengetahui, karena makna kenal dengan hanya sekadar tahu itu berbeda. Kita bisa saka mengetahui kampus yang dipilih, termasuk peringkat kampus dan bergerak ke mana jurusan kampus tersebut. Ini hanya sekadar mengetahui. Tetapi, mengenal kampus berarti seorang mahasiswa mengetahui visi dan misi kampusnya dan bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap kampusnya itu, Oleh karena itu, masa perkenalan kampus sangatlah penting.

Selama ini, mungkin kita hanya mengenal masa perkenalan kampus melalui berbagai kasus penyimpangan yang terjadi di ospek. Pelanggaran ini bisa berbentuk sikap ataupun tekanan moral yang menyebabkan ospek terkesan menakutkan. Pernyataan ini tidak relevan untuk semua kampus. Penulis sendiri pernah mengalami masa perkenalan kampus dan tidak merasakan apa pun yang berbau senioritas ataupun kekerasan pada kegiatan ospek tersebut.

Penulis berani menjamin 100 persen, di lingkungan civitas akademika Institut Pertanian Bogor (IPB) masa perkenalan kampus bagi mahasiswa baru tidaklah menunjukan senioritas ataupun kekerasan sedikit pun. Dikenal dengan nama Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru, kegiatan ini mengusung konsep sebagai “TEMAN”. Mengapa teman? Kata “teman” di sini memiliki makna luas dan sangat berpengaruh untuk kelanjutan mahasiswa baru di kampusnya. Penulis berani menjamin, mahasiswa yang tidak mengikuti masa perkenalan kampus, akan menyesal karena tidak mendapatkan pengalaman yang menarik seumur hidup.

Pertama  “T” yaitu Tiada senioritas pada konten acara masa perkenalan ini. Dalam acara masa perkenalan IPB, setiap kelompok mahasiswa baru yang terdiri dari beberapa calon mahasiswa baru ini didampingi oleh empat hingga lima orang Penanggung Jawab Kelompok (PJK) yang bertanggung jawab atas kelompok dan adik-adik mahasiswa barunya. Meski memiliki tanggung jawab penuh, bukan berarti PJK bebas untuk berbuat sewenang-wenang terhadap adik-adik asuhnya. PJK pun diawasi oleh Badan Pengawas (BP) yang beranggotakan lembaga kemahasiswaan tertinggi di kampus. BP bertugas mengawasi jalannya masa perkenalan kampus dan mencegah kemungkinan penyelewengan tanggung jawab oleh para PJK.

Keberadaan BP akan meminimalisasi terjadinya kekerasan atau perpeloncoan. Selain itu, PJK pun telah dilatih untuk bertanggung jawab terhadap kelompok, bekerja ikhlas dan tulus dalam memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Tidak main-main, kegiatan pelatihan tersebut dilakukan untuk menekan kemungkinan penyelewengan tanggungjawab para PJK dengan menanamkan sikap-sikap budi pekerti yang memang sepantasnya diperlihatkan seorang kakak kelas.

Kedua, “E” melambangkan Empati. Artinya, panitia kegiatan penerimaan mahasiswa baru di IPB telah dipupuk untuk memiliki rasa empati. Dengan memiliki empati, kemungkinan panitia ospek  memelonco adik kelas dapat dikurangi. Rasa empati perlu ditumbuhkan dan harus terus menerus dipupuk, mengingat fungsinya yang sangat penting, yakni agar ketika kita sebagai kakak kelas tidak memberikan tugas yang memberatkan mahasiswa baru, apalagi sampai mempermalukan diri dan dapat membuat mental mereka turun. Sebagai panitia, kita sebaiknya selalu memikirkan esensi dan manfaat apa yang akan didapatkan mahasiswa baru dengan mengerjakan penugasan ini, entah itu dampak yang baik maupun sebaliknya.

Ketiga, “M”, yaitu menjunjung tinggi nilai spiritual dan Pancasila. Konsep ini perlu ditanamkan pada setiap civitas kampus yang menyelenggarakan kegiatan masa perkenalan kampus, agar penyimpangan-penyimpangan dalam masa perkenalan kampus dapat dihilangkan. Sebab, kita mengetahui betul bahwa menghargai seseorang sangatlah penting, sehingga kejadian seperti perpeloncoan dan kekerasan itu tidak perlu terjadi. Dua hal ini terjadi biasanya karena ada unsur balas dendam dan ingin melihat adik-adik kelasnya menghormati senior. Padahal, nilai-nilai spiritual dan pancasila, justru sangat bertentangan dengan sikap sombong dan balas dendam.

Keempat, “A” yaitu Asyik. Konsep asyik ini tidaklah kalah penting, karena mahasiswa baru perlu merasakan kesan enjoy terhadap kampus. Dengan demikian, perasaan ini dapat menimbulkan kebanggaan serta kecintaan si mahasiswa baru terhadap kampus. Perkenalan kampus dilakukan dengan berbagai cara yang dibuat sedemikian rupa agar para mahasiswa baru ini merasa senang dan tidak terbebani ketika mengikuti ospek.

Terakhir, “N”, no provokasi. Dalam konsep masa perkenalan kampus ini tidak ada unsur  provokasi/menjelek-jelekan kampus lain yang dapat menimbulkan pertikaian antar kampus. Masa perkenalan ini dipenuhi dengan arahan kepada mahasiswa baru untuk mencintai kampusnya saja. Caranya bisa dengan memberikan tayangan tentang para alumni berprestasi dan sukses. Panitia bisa juga memperkenalkan kampus lebih jauh, dengan memaparkan kampus tersebut bergerak dalam bidang apa sambil menampilkan hasil-hasil karya kampus kepada mahasiswa baru.

Konsep “teman” inilah yang penulis rasakan ketika masa perkenalan kampus di IPB. Bagi penulis, masa ospek tersebut memang benar-benar bersifat sebagai teman yang dapat memperkenalkan penulis lebih jauh tentang kampus, bukan sekadar tahu, dan juga teman yang mengajarkan untuk cinta dan bangga terhadap almamater. Inilah yang seharusnya dipublikasikan ke masyarakat; masa perkenalan kampus tanpa perpeloncoan dan kekerasan. (Bisa dibuktikan kebenarannya di lapangan, insya Allah apa yang dituliskan dan yang terjadi di lapangan sesuai tanpa ada yang dilebih-lebihkan)

Sumber:kampus.okezone.com

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Agustus 2012
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: