Sedang Dibaca
TEKNOLOGI DAN SAINS

Dosen Unika Ciptakan Alat Pengukur Stres

image

 

 

 

 

 

Dosen Unika Soegijapranata Semarang menciptakan alat pendeteksi stres yang dapat dipindah keberbagai tempat. Alat ini juga berfungsi mengukur hasil terapi penurun stres yang dari teknik biofeedback.

Menurut Dr F Budi Setiawan, MT dosen Teknik Elektro Unika Soegijaparanata, alat ini dirancang karena adanya kebutuhan untuk dapat mengukur seberapa jauh tingkat keberhasilan terapi biofeedback yang dilakukan oleh terapis.

Siswanto S Psi M Psi, dosen psikologi Unika Soegijapranata mengatakan, tingkat ketegangan otot dapat berkurang dengan melakukan terapi biofeedback. Namun yang menjadi masalah adalah mahalnya alat ukur yang ada dipasaran. “Maka perlu diadakan alat ukur yang harganya murah dan dapat dibawa kemana-mana dengan mudah, untuk keperluan terapi,” katanya, Senin (30/7).

Alat ukur yang dirancang terdiri atas penguat diferensial yang telah di filter, sehingga menghasilkan sinyal yang bersih dan dapat dipakai untuk mengukur tingkat ketegangan otot. Filter yang digunakan antara lain adalah lowpass dan highpass. Penguat sinyal dan pengatur penguatan juga digunakan dalam alat ini.

“Elektrode yang digunakan mengandung material perak, agar diperoleh hambatan koneksi dengan kulit yang cukup kecil,” kata Budi.

Alat ukur yang masih berupa prototype ini dirancang kedua dosen tersebut dalam rangka untuk menciptakan alat natu terapi biofeedback yang murah dan mudah dibawa ke mana-mana (portable).

Terapi biofeedback, kata Siswanto, dapat dibantu dengan dengan menggunakan alat ini. Dengan alat ini, ketegangan otot dapat diukur setiap saat. Pada saat sebelum terapi, otot masih cukup tegang, sehingga pada tampilan alat ukur terlihat bahwa level tegangannya sangat tinggi. Pada saat menjalani terapi akan terlihat bahwa ketegangan otot akan menurun seiring dengan relaksasi otot.

Sumber :http://www.suaramerdeka.com

 

BACA JUGA:

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

2 thoughts on “Dosen Unika Ciptakan Alat Pengukur Stres

  1. NICE..
    inovatif sekali ciptaannya, saya sudah membaca artikel ini dan tertarik ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait profil lengkap dari dosen UNIKA tersebut, beserta kontak personnya, atau jejaring sosial yang aktif atau websitenya…
    saya tunggu balasan komentar ini…
    Terima Kasih’

    Posted by Fadhli Kurniawan | 5 September 2012, 11:32 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Juli 2012
M S S R K J S
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: