Sedang Dibaca
ARTIKEL ELEKTRO

Mahasiswa UNY kembangkan software wayang

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta mengembangkan piranti lunak atau software berisi berbagai seri cerita wayang dan penokohannya.

“Perangkat lunak yang dinamakan puppet comics mobile itu mengombinasikan perkembangan software aplikasi pada java dan aspek budaya wayang,” kata Koordinator Tim Program Kreativitas Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Fera Zulkarnain di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, aplikasi itu menyediakan dua menu bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Karya tersebut diharapkan menjadi titik awal untuk mempromosikan dan mengembangkan media wayang.

“Aplikasi itu mudah digunakan karena proses instalasi yang tidak rumit. Setelah pengguna memasukkan file instalasi program ke dalam perangkat telepon seluler, program akan terpasang, dan sudah siap digunakan,” katanya.

Ia mengatakan aplikasi ini memberi penggunanya fasilitas untuk mendapatkan informasi mengenai cerita wayang dab mengenal tokoh-tokoh wayang pada cerita tersebut.

“Dalam aplikasi ini ditampakkan fitur penokohan yang berisi karakter detil dari tokoh-tokoh pewayangan yang terkait dengan cerita. Software itu dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman java mobile,” katanya.

Menurut dia, dari data yang dihimpun pada tahap pengujian oleh pengguna,  disimpulkan bahwa software ini layak untuk dikembangkan karena apresiasi pnblik cukup tinggi.

“Ke depan akan terus dikembangkan dan diperbaiki, khususnya dalam interaktivitas agar dapat menghasilkan produk yang lebih baik lagi,” katanya.

Ia menyebut puppet comics mobile itu dikembangkan bukan untuk mematikan pentas pewayangan yang telah ada karena wayang tidak hanya sebatas pementasan.

“Pelestarian wayang sangat penting dilakukan, karena merupakan budaya asli Indonesia yang penuh dengan unsur nilai kehidupan, dan harus kita banggakan,” katanya.

Anggota Tim PKM Fakultas Teknik UNY yang mengembangkan puppet comics mobile itu adalah Aqimi Dinana, Nafngan Fitriansah, dan Fadli Rozaq.
Sumber: antaranews.com

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Juli 2012
M S S R K J S
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: