Sedang Dibaca
TEKNOLOGI DAN SAINS

Bertukar Data Lewat Siulan

Bertukar data hanya dengan memutar sebuah kicauan? Itulah konsep yang diperkenalkan oleh Chirp, sebuah aplikasi untuk iPhone.

Chirp memungkinkan penggunanya mengirim data melalui bunyi mirip kicauan burung selama dua detik. Perangkat lain yang “mendengar” bunyi tersebut akan langsung melakukan download file yang dikirim.

Caranya, data pengguna terlebih dahulu di-upload ke server milik perusahaan pembuat Chirp. Data yang bersangkutan kemudian diberi kode unik. Nah, setiap kicauan merujuk pada kode ini.

Chirp menggunakan 50-bit address space yang disebut memiliki ID unik dalam jumlah triliunan. Kode ID ini lalu dikonversi menjadi bentuk audio yang bisa dikenali oleh perangkat smartphone lain.

Chirp adalah software bikinan Animal Systems dari University College London.

Aplikasi seperti Android Beam, Bump, Datasync atau Dropbox  juga memungkinkan pengguna melakukan hal yang sama lewat koneksi Bluetooth, WiFi atau jaringan cloud. Akan tetapi, Chirp lebih praktis karena tidak memerlukan proses pairing atau sambungan ke wireless network.

Software ini pun mampu mengirim data ke lebih dari satu perangkat dalam waktu bersamaaan.  Apabila smartphone penerima sedang tidak tersambung ke jaringan seluler, “kicauan” tersebut akan disimpan untuk digunakan men-donwload file di kemudian waktu.

Chief Executive Animal Systems Patrick Bergel mengatakan bahwa, berkat pola suaranya yang unik, Chirp bisa bekerja di lingkungan bising seperti pub, club, atau di pinggir jalan.

“Ke depannya nanti Chirp bisa digunakan antar perangkat, misalnya ketika Anda ingin mengirim link berisi peta dari laptop,” ujarnya, seperti dikutip oleh BBC.

Saat ini jenis file yang bisa ditransfer baru sebatas gambar, link ke website, atau pesan sepanjang 140 karakter. Semua item ini muncul dalam newsfeed, mirip dengan timeline pada Facebook.

Animal System menggunakan layanan “blacklist” untuk mencegah pengguna meng-upload konten pornografi atau link ke website berisi konten ilegal. Meski begitu, perusahaan ini tidak berencana memblokir jenis konten lainnya.

Untuk sementara Chirp baru tersedia sebagai aplikasi gratis untuk iPhone, versi Android-nya dijanjikan akan “segera” tiba.

sumber: tekno.kompas.com

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Juli 2012
M S S R K J S
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: