Sedang Dibaca
UMUM

Keuntungan Negara dibalik Nyepi

PT Perusahaan Listrik Negara mengungkapkan bahwa beban puncak listrik di Bali saat perayaan hari raya Nyepi turun drastis menjadi 322,2 Megawatt.

“Bila dalam kondisi normal, beban puncak Bali saat puncak storm bisa mencapai minimal 545 MW. Namun, saat Nyepi beban tersebut menurun drastis menjadi 322,2 MW,” kata Humas PT PLN Bali, Agung Mastika, saat ditemui pada Sabtu 24 Maret 2012.

Penghematan tersebut, menurutnya, terjadi karena banyaknya warga Bali yang mematikan lampunya saat pelaksanaan catur brata penyepian, termasuk pemadaman lampu jalanan, lampu reklame, dan sebagainya. “Penghematan mencapai 50 persen atau sekitar Rp4 miliar lebih,” jelas Agung.

Pasokan sebanyak 322,2 MW tersebut, kata Agung, umumnya dikonsumsi oleh hotel, restoran yang ada di kawasan wisata di seluruh Bali, fasilitas dan pelayanan pubilk lainnya seperti rumah sakit, kepolisian dan sejenisnya. “Unit-unit pariwisata dan pelayanan publik ini biasanya hanya mematikan lampu teras, lampu taman, rekreasi ruang publik dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, total stok listrik di Bali adalah sebanyak 580 MW. Beban puncak dalam kondisi normal sebanyak 545 MW. Sedangkan saat Nyepi, konsumsi hanya mencapai 322,2 MW.

Diharapkan, lanjut Agung, dalam masa yang akan datang agar warga bisa lebih hemat lagi. Sebab, meski beban pemakaian listrik berkurang, PLN Bali tidak bisa mematikan mesin pembangkit secara total.

Beberapa mesin, menurutnya, harus tetap hidup untuk menjaga kestabilan pasokan. Akibatnya, bahan bakar tetap dipakai untuk beberapa pembangkit tersebut. “Ibarat mobil, saat mengantar penumpang sang sopir terima uang, namun saat mobil kembali, mesinnya harus tetap hidup dan tetap membutuhkan bahan bakar,” ujar Agung. (vivanews.com)

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Maret 2012
M S S R K J S
« Feb   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: