Sedang Dibaca
UMUM

WISATA MAKASSAR

losariMungkin tidak banyak dari anda yang pernah mengunjungi kota Makassar di saat musim liburan tiba. Mungkin anda bertanya-tanya apa sih asyiknya mengunjungi kota yang disebut sebagai pintu gerbang Indonesia timur ini, dibandingkan bila anda berllibur ke Bali, Lombok ataupun Bandung.

Sebagai informasi, kota Makassar memiliki berbagai macam objek wisata sangat menarik, sebut saja pantai Losari yang terkenal, air terjun Bantimurung, Benteng Fort Rotterdam, dan yang paling teranyar adalah Trans Studio yang baru diresmikan pada tahun ini, yang merupakan theme park terbesar di dunia. well dunixi berkesempatan menuju kota ini, 4 jan 2010 rombongan keluarga 11 orang akan menuju sana..!! mari kita cek dulu..

 

Tidak hanya itu, bila anda mempunyai waktu yang cukup, anda dapat meneruskan perjalanan menikmati keindahan Tana Toraja dan juga Malino yang disebut sebagai “Puncak-nya” Makassar. Di artikel ini, kita akan menengok sedikit tentang objek-objek wisata yang terdapat di Makassar, berikut wisata kulinernya. Siapa tahu dapat memberikan alternative destinasi liburan anda  di akhir tahun.

WELCOME TO MAKASSAR

Saat anda tiba di Makassar, yang pertama membuat anda terkagum-kagum adalah airport Makasar yang megah hasil karya anak negeri yang dipelopori oleh mantan wakil presiden H.M. Jusuf Kalla. Airportnya mungkin dapat dibilang termegah di Indonesia untuk saat ini. Pada saat anda tiba di airport, anda bisa mendapatkan akomodasi dengan mudah, karena taksi-taksi airport dengan sistem argo maupun sewa/jam banyak terdapat disana.

Namun, bila anda ingin lebih mudah, pastikan hotel tempat anda menginap untuk menjemput anda.

TUJUAN WISATA


1.    PANTAI LOSARI

Pantai Losari mungkin satu-satunya pantai yang berada tepat di tengah-tengah kota. Dulu pantai ini terkenal sebagai meja terpanjang di dunia karena dulunya di sepanjang pantai banyak terdapat orang-orang yang berjualan aneka jenis makanan.

Namun, sekarang, para penjaja makanan tersebut telah di pindahkan ke sebuah lokasi tidak jauh dari Pantai Losari, sehingga pantai Losari lebih nyaman apabila kita ingin menikmati matahari terbit /terbenam.  Diseluruh Indonesia, hanya ada satu pantai yang dapat menyaksikan sunrise dan sunset disatu titik berdiri yang sama. “Pantai itu yakni pantai Losari, Makasar”, begitu kata Jusuf Kalla Wakil Presiden RI mengatakan.


2.    BENTENG FORT ROTTERDAM

Fort RotterdamBenteng ini awalnya dibangun tahun 1545 oleh raja Gowa ke X yakni Tunipallangga Ulaweng. Di benteng inilah Pangeran Diponegoro pernah ditahan, ketika dia dibuang oleh penjajah Belanda dari tanah Jawa ke Manado, namun akhirnya ditempatkan di Benteng ini.

Benteng Rotterdam yang letaknya berada di tengah-tengah kota ini sekarang  menjadi sebuah museum, dimana kita dapat melihat barang-barang kuno dan bersejarah yang dipakai ketika para raja-raja Gowa berjuang melawan Belanda.

*Benteng Rotterdam
Jl. Ujung Pandang No.1 Makassar
Ph. (0411) 321 701/321 305

3.    PULAU KHAYANGAN & PULAU SAMALONA

Bila anda ingin menikmati wisata air di Makassar, anda dapat mencoba berwisata ke Pantai Khayangan dan Samalona yang mengharuskan anda menempuh perjalanan 15 menit dengan menumpang kapal boat. Disana anda dapat menikmati  berbagai olah raga air, seperti jet ski, memancing, menyelam dan pertunjukan musik. Di pulau tersebut juga disediakan fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin menginap di pulau tersebut.

*Informasi & Reservasi
Depan benteng Rotterdam
Ph. (0411) 315 752/508 7766/527 5458

4.    AIR TERJUN BANTIMURUNG

Objek wista ini terletak 45 kilometer di sebelah utara kota Makassar, tepatnya di Kabupaten Maros.Apabila ditempuh dengan mobil, maka anda memerlukan waktu 1 jam untuk dapat sampai di lokasi.

Disini anda dapat menikmati wisata air terjun yang indah dan jernih yang mengalir sepanjang tahun, sambil duduk-duduk diantara  lempengan-lempengan batu yang terhampar di sekitar air terjun. Anda dapat juga menyewa bungalow-bungalow yang tersedia bila anda ingin lebih bersantai bersama keluarga.

Selain memiliki air terjun yang mempesona, kawasan wisata Air Terjun Bantimurung juga menjadi habitat berbagai spesies kupu-kupu yang langka, sangking banyaknya dan indahnya kupu-kupu di tempat ini, sehingga penjajah Belanda pernah menjuluki tempat ini sebagai “Kingdom of Butterfly”.

Jadi, apabila anda berkunjunga kesana, bersiap-siaplah dengan kamera anda, karena anda akan terpesona melihat kupu-kupu berwarna warni yang terbang di sekitar anda dan tidak dapat anda jumpai di tempat lain.

Biaya tiket masuk yang dibebankapun cukup murah yaitu sebesar Rp. 5.000,- untuk orang Dewasa dan Rp. 3.500,- untuk anak-anak.

5.    MAKAM-MAKAM BERSEJARAH

Di Makassar, apabila anda ingin melihat makam-makam bersejarah, seperti makam Sultan Hasanuddin, raja Makassar yang terkenal dalam melawan penjajah, serta makam Syeh Yusuf yang terkenal karena menyebarkan agama islam.

Khusus untuk makam Syeh Yusuf, diyakini ada di beberapa tempat seperti di Cape Town Afrika, Sri Lanka, Banten dan Madura. Namun, orang –orang Makassar yakin bahwa setelah wafat pada tahun 1699 di Cape Town, akhirnya kerangka Syeh Yusuf di bawa kembali ke tanah kelahirannya di Makassar pada tahun 1705 oleh raja Gowa XIX untuk dimakamkan.

6.    MALINO

Terkenal sebagai “Puncak-nya” Makassar, dimana hawa di Malino sangat sejuk dan segar. Disana anda dapat menikmati keindahan alam seperti air terjun,perkebunan sayur dan pinus, menunggang kuda, dan yang paling terkenal adalah menikmati markisa yang merupakan komoditi andalan daerah ini.

7.    EKSOTISME TORAJA

Siapa yang tidak kenal Tana Toraja, pemandangan alam yang indah disertai dengan kebudayaan lokal yang unik adalah andalannya. Bila berkunjung disini anda akan terpesona dengan budaya lokal yang unik, diantaranya upacara pemakaman dan juga objek-objek wisatanya.

8.    TRANS STUDIO

Inilah objek wisata teranyar di tanah air saat ini. Trans Studio adalah theme park indoor terbesar yang ada di Dunia. Disana, bukan hanya anak anda yang akan terhibur, tapi para orang tua pun rasanya akan sama bersemangatnya dalam menikmati berbagai wahana yang tersedia. Tempat ini memiliki lebih dari 20 wahana permainan dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti hotel,restaurant, dan marina. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pantai losari.

Trans Studio
Jl. H.M. Dg Patompo Tanjung Bunga Makassar
Ph. (0411) 811 7000


9.    SOMBA OPU

Jalan Somba Opu yang terkenal adalah pusat dari penjualan berbagai macam oleh-oleh khas Makassar, mulai dari souvenir, sutra, perak hingga emas. Yang mencolok dari jalan ini adalah gedung-gedungnya yang masih mempertahankan ciri khas bangunan-bangunan tua dan toko-toko emas yang berjejer.


WISATA KULINER

Bila anda hanya tahu tentang coto Makassar serta sup konro, kota Makassar juga menawarkan berbagai makanan lezat lainnya, diantaranya:


1.    Mie Kering
Ini adalah sejenis I Fu Mie khas Makassar,tapi mie yang dipakai lebih kecil-kecil. Mie telur digoreng hingga garing lalu disiram dengan kuah kental yang berisi bermacam sea food serta nyuknyang (bakso khas Makassar). Kedai yang terkenal menjual mie kering adalah “Mie Titi” dan “Mie Yanto”.


2.    Kapurung

Seperti “Papeda” makanan khas dari Papua. Makanan ini berupa kuah yang dimasak dari sagu dan berisi sayuran, jantung pisang,ikan atau udang.  Tempat yang terkenal menjual jenis masakan ini adalah Rumah Makan Aroma Palopo, Jl Kasuari No 2, Makassar, Sulawesi Selatan.

3.    Aneka Sea Food

Makassar memang terkenal dengan hasil lautnya yang lezat-lezat. Jadi apabila anda berkunjung kesana tidak lengkap bila anda tidak mencicipi masakan ikan bakar, udang, serta cumi bakar. Rumah makan seafood yang cukup terkenal adalah Rumah makan Bahari,dan RM. Dinar yang berlokasi di dekat Pantai Losari.

4.    Nyuknyang

Bakso khas Makassar. Yang dibuat dari campurang daging dan tepung sagu, sehingga menghasilkan bakso kenyal yang keriting. Selain itu, di Makassar juga mempunyai bentuk bakso yang unik seperti bakso kotak, dan gepeng. Yan g paling khas adalah citarasa sambal kuning yang digunakan untuk menikmati bakso yang rasanya sangat pedas namun menggugah selera. Tempat yang terkenal menikmati bakso adalah di Kios bakso “Ati Raja” di Makassar.

5.    Pisang Epe’
Sangat unik karena terbuat dari pisang kapok yang dibakar lalu di gepengkan. Dinikmati dengan disiram saus gula merah yang biasanya ditambahkan duren/nangka. Dulunya banyak dijual di sepanjang pantai losari. Tapi, kini dipindahkan ke Tanjung bunga yang merupakan pusat jajanan di Makassar.
Sebenarnya masih banyak lagi berbagai macam jajanan khas di Makassar yang membuat anda tidak akan pernah merasa punya cukup waktu untuk menjelajahi wisata kuliner di kota ini. Jangan lupa untuk membeli kacang disco, dan sirup markisa yang merupakan oleh-oleh khas Makassar.

AKOMODASI

Sarana akomodasi di Makassar sangatlah lengkap, mulai dari hotel berbintang lima sampai ke hotel berbintang tiga ataupun  guest house.  Lebih asyik bila anda memilih hotel yang berada di tengah-tengah kota yang dapat melihat langsung ke pantai Losari yang terkenal dengan keindahan matahari terbit dan terbenamnya. Beberapa hotel yang berada dekat dengan pantai, antara lain:

1.    Hotel Imperial Aryaduta (Bintang 5)

Jl. Somba Opu no.297
Ph. (0411) 870 555

2.    Hotel Pantai Gapura (Bintang 3)
Jl. Pasar Ikan no.10
Ph. (0411) 325 791

3.    Hotel Makassar Golden (Bintang 4)
Jl. Pasar Ikan No. 52
Ph. (0411) 333 000

4.    Hotel Losari Beach (Bintang 3)
Jl. Penghibur No.10
Ph. (0411) 326 062


5.    Losari Guest House (Bintang 2)

Jl. Penghibur No.3
Ph. (0411) 322 155

Itulah sekelumit informasi yang dapat anda jadikan referensi apabila anda berniat berkunjung ke Makassar. Selain itu dapat juga anda mengunjungi website-website berikut yang menyediakan informasi-informasi bermanfaat tentang wisata ke Makassar mulai dari tempat wisata hingga berbagai makanan khas.

Sumber:

http://lebihcepat.com

–    http://makassarkota.go.id
–    http://gowata.blogspot.com
–    http://enjoy-makassar-id.blogspot.com

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Desember 2011
M S S R K J S
« Okt   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: