Sedang Dibaca
Uncategorized

MPAB 2011 PD KMHDI Sul – Sel

Om Swastyastu

Rasa syukur patut kita persembahkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas penyertaan Beliau lah kami PD KMHDI Sul – Sel dapat melakukan kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) tahun 2011.

Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) merupakan suatu organisasi yang menjadi forum dan pemersatu mahasiswa (i) Hindu se- Indonesia. KMHDI lahir karena berawal dari suatu keprihatinan dan kurangnya kekompakan antara mahasiswa Hindu. Sejak berdirinya Hingga saat ini KMHDI telah mampu membentuk Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang yang dapat mempermudah koordinasi antar anggota yang berada di wilayah – wilayah lain seperti halnya Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan. KMHDI bertujuan untuk membentuk kader – kader muda Hindu yang professional dan mampu menjadi pemimpin dimasa depan. Namun, sejak berdirinya KMHDI selalu mempunyai masalah dalam hal kualitas sumber daya. Oleh sebab itu, maka KMHDI meningkatkan pelatihan – pelatihan atau training terhadap kader – kadernya, termasuk sebelumnya melakukan perekrutan kader – kader baru, agar KMHDI mempunyai kader yang dapat meneruskan perjuangan KMHDI dalam membentuk kader mahasiswa yang berkualitas. Untuk mencapai hal itu, maka dilaksanakanlah yang namanya Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB).

Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) merupakan salah satu proses kaderisasi atau pengkaderan dalam lingkup Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI). Pengkaderan ini bertujuan untuk merekrut kader – kader muda yang notabene merupakan mahasiswa (i) Hindu yang akan menjadi penerus KMHDI kedepannya. Karena sebagai organisasi kader, maka KMHDI wajib melakukan perekrutan kader baru setiap tahunnya, sebab jika hal ini tidak dilakukan maka suatu organisasi kader tidak akan memiliki generasi penerus untuk meneruskan visi misi dari organisasi tersebut. Selain untuk merekrut kader baru, MPAB juga merupakan suatu cara untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang organisasi kepada kader – kader baru sehingga kader – kader baru dapat mengetahui visi misinya bergabung dengan KMHDI. MPAB ini, dilakukan oleh setiap Pimpinan Daerah dan Pimpinan Cabang pada wilayahnya masing – masing dan dilakukan setiap tahun terutama ketika ajaran baru karena yang menjadi objek utama MPAB adalah mahasiswa baru.

Mengingat begitu pentingnya kader baru bagi suatu organisasi kader, maka PD KMHDI Sul-Sel juga melaksanakan MPAB untuk merekrut kader – kader baru yang berasal dari mahasiswa(i) se-Kota Makassar. MPAB yang dilakukan oleh PD KMHDI Sul-Sel ini, selain bertujuan untuk merekrut kader baru dan menjalankan syarat bergabung dengan KMHDI juga bertujuan untuk menjalankan program kerja dari PD KMHDI Sul-Sel periode 2011/2013. Pada MPAB ini juga, PD KMHDI Sul- Sel mengambil tema “ Menumbuhkan Kesadaran Berorganisasi Melalui Transformasi Pola Pikir dan Tingkah Laku”. Dimana tema ini diambil berdasarkan kondisi seperti sekarang ini yang mana minat mahasiswa untuk berorganisasi sangatlah kecil. Padahal dalam organisasi itu terdapat pengetahuan dan pengalaman yang kita dapatkan dan tidak pernah didapatkan dalam dunia kampus ataupun materi dari dosen.

            PD KMHDI Sul-Sel mengadakan kegiatan MPAB ini pada tanggal 5 dan 6 November  2011, yang bertempat di Rumah Adat Sinjai Benteng Sumba Opu Makassar. Pada MPAB kali ini, PD KMHDI Sul- Sel berhasil merekrut 66 orang anggota baru yang meskipun jumlah ini hanya setengah dari pengambil formulir yang sebanyak 130 orang dan yang mengembalikan sebanyak 100 orang. MPAB ini dilakukan dengan berisikan rangkaian – rangkaiannya yaitu: pertama kali pada tanggal 3 November 2011 dilakukan Matur  Piuning di Pura Giri Natha Kota Makassar, yang kedua pada tanggal 4 November 2011 pukul 18.00 WITA dilakukan acara pembukaan MPAB tahun 2011 yang bertempat di Gedung Vyata Satya Karma Pura Giri Natha Makassar. Acara pembukaan ini berlangsung meriah yang dihadiri oleh perwakilan dari PC KMHDI Palopo, Presidium PP KMHDI, Bimas Hindu Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan Lembaga – lembaga Hindu Se – Sulawesi Selatan dan Se- Kota Makassar serta dibuka  secara resmi oleh Ketua PHDI Provinsi Sulawesi Selatan. Dan rangkaian yang ketiga pada tanggal 5 dan 6 November 2011 adalah acara MPAB itu sendiri yang berlangsung di Benteng Sumba Opu.

Acara MPAB yang dilakukan dalam waktu 2 hari satu malam itu berlangsung sangat hikmah. Para Peserta sangat antusias menerima materi – materi organisasi yang diberikan karena terlihat keaktifan peserta dalam menanggapi materi itu. Adapun materi yang diberikan pada MPAB yaitu Weda dan Panca Sradha, Sejarah KMHDI, Ideologi KMHDI, Struktur dan Managemen KMHDI, serta games yang dibawakan oleh Dosen dari pesraman Widya Dharma kota Makassar, para Alumni KMHDI dan Senior – senior. Setelah penerimaan materi, dilakukan kegiatan Jurit malam. Acara ini merupakan acara yang sangat ditunggu – tunggu oleh panitia serta semua anggota PD KMHDI Sul – Sel. Jurit malam ini bertujuan untuk mengevaluasi semua materi yang telah diberikan dan memberikan wejangan kepada anggota baru agar mereka betul – betul siap menghadapi dunia baru dari SMA menjadi Mahasiswa.  Setalah usainya jurit malam dilakukan kegiatan Renungan. Renungan ini dibawakan oleh salah satu senior di KMHDI, terlihat begitu bermakna dan mengharukan sehingga membuat banyak peserta yang terbawa dalam keharuan bahkan tidak sedikit yang mengeluarkan air mata dan menangis termasuk panitia yang ada disekitarnya.

Dan akhirnya pada pukul 15.00 WITA kegiatan MPAB ini di tutup secara resmi oleh Presidium PP KMHDI. Sehingga secara resmi PD KMHDI Sul – Sel telah berhasil merekrut 66 orang anggota baru.

Untuk waktu dan kesempatan dalam suka, duka, cinta, tawa dan segala yang dilakukan dalam melaksanakan roda organisasi dengan segala upaya dan usaha yang ikhlas sebagai wujud kepedulian kita pada agama dan Negara. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada SC, kanda Senior, kanda Alumni, seluruh keluarga besar PD KMHDI Sul- Sel, Kanda Presidium PP KMHDI, kanda dari PC Palopo yang senantiasa meluangkan waktu , pikiran dan tenaga demi terlaksananya kegiatan ini . Kami menyadari sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, memiliki keinginan dan harapan namun realisasi dari rencana kegiatan ini terkadang berjalan secara tidak maksimal.

  Semoga kader – kader KMHDI kedepannya dapat membawa KMHDI pada perubahan yang lebih baik dan siap untuk berbaur serta mengabdi kepada masyarakat, agama dan Negara.

Om Shanti Shanti Shanti Om

Salam mahasiswa

Satyam Eva Jayate

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Desember 2011
M S S R K J S
« Okt   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: