Sedang Dibaca
MOTIVASI

KENALI DAN CINTAI PILIHANMU

Pada saat ini, banyak saya jumpai ternyata mahasiswa masuk ke sebuah jurusan atau program studi hanya sekedar mengikuti trend, ikut – ikutan teman, pilihan alternatif karena pilihan pertamanya gagal dan juga hingga sampai karena paksaan orang tua. Sehingga akhirnya tak sedikit banyak mahasiswa yang ikut SNMPTN atau tes masuk perguruan tinggi ulang pada tahun ajaran baru ( termasuk banyak dari teman – teman di jurusan saya yang belum kunjung menyerah untuk mencoba tes jurusan kedokteran, ya toch ternyata tidak masuk juga.. hehehe kasiannya buang- buang uang ). Intinya banyak mahasiswa yang masuk ke sebuah jurusan atau prodi bukan karena minat sendiri. Namun bagi anda yang masuk ke jurusan yang sesuai dengan keinginan dan minat anda saya ucapkan selamat ya., karena anda telah berhasil menjadi salah satu orang yang bakal berhasil. Karena memilih jurusan atau prodi sesuai dengan hati nurani dan minat kita sendiri merupakan salah satu faktor utama kesuksean anda kelak ketika menjalani proses perkuliahan. Bila anda kuliah sesuai dengan minat dan pilihan anda sendiri, maka akan menimbulkan rasa senang. Dari rasa senang, maka selanjutnya anda akan merasa enjoy/ menikmati setiap mata kuliah, tugas, dan ujian. Kalau sudah begitu, walaupun kelihatannya sulit, saya yakin kesulitan itu akan hilang dengan kesenangan anda.
Setelah menyatu dengan pilihan jurusan anda, selanjutnya anda harus memahami benar apa dan seperti apa prodi / jurusan anda. Gampangnya begini, ibarat anda mengidolakan klub sepak bola, ambil contoh Barcelona ( kebetulan ini juga klub favorit saya sejak SMP ). Tentu saja anda akan selalu mencari tahu sesuatu yang baru dari Barcelona, mulai dari pemain – pemainnya, pelatihnya, dan selalu setia menyaksikan setiap pertandingan – pertandingan dari klub itu. Sampai – sampai anda rela membeli pakaian yang bertuliskan atau bergambarkan Barcelona.
Nah, sama halnya dengan jurusan / prodi yang anda pilih. Karena di jurusan / prodi inilah kelak salah satu pilar masa depan anda akan disandarkan, maka tentu saja anda harus memahami benar segala sesuatu di dalamnya. Anda harus tahu seperti apa karir dan peluang kerja dari jurusan anda. Kompetensi apa saja yang diperlukan untuk menjadi lulusan yang berkualitas, siapa saja orang- orang yang sudah sukses dari jurusan anda,bagaimana karakter orang – orang sukses tersebut. Semuanya bisa anda dapatkan dengan rajin bertanya, membaca dan melihat berita – berita terkini yang berkaitan dengan jurusan dan prodi anda.
Misalnya, anda kuliah di prodi Teknik Elektro, makan tentu anda harus banyak menggali seluruh informasi yang berkaitan dengan bidang Elektro. Siapa saja yang sukses bekerja di bidang Elektro, bagaimana kiat mereka hingga menjadi sukses, apa dan bagaimana pendidikan profesi Elektro itu, bagai mana peluang kerja dari Teknik Elektro dan banyak informasi lainnya. Begitu juga dengan jurusan atau prodi lainnya.

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Agustus 2011
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: