Sedang Dibaca
MOTIVASI

HUKUM – HUKUM KEHIDUPAN

  1. 1.       Hukum Kelembaman

Seperti yang telah kita pelajari dalam pelajaran Fisika, ada yang di katakan hukum Newton I, hukum Newton II, dan Hukum Newton III. Hukum Newton I lah yang disebut sebagai hukum kelembaman yang juga berlaku dalam hidup kita.

Sebuah benda yang diam akan cenderung untuk terus diam. Sebaliknya, benda yang bergerak akan cenderung untuk terus bergerak. ( Hukum Newton I )

Sahabat, pernahkah kita mengamati kejadian yang ada di sekitar kita? Diwaktu yang sama, ada orang yang begitu produktif, banyak aktifitas kegiatan yang ia lakukan. Nampaknya tidak ada satu detikpun ia sia-siakan, mulai dari membaca buku, kuliah atau sekolah, berorganisasi dan kegiatan lainya. Namun, diwaktu yang sama yaitu dengan waktu 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu adapula orang yang hanya menghabiskan waktu menonton televisi dan melakukan kegiatan yang sia-sia sambil menunggu pekerjaan yang tak kunjung datang dan juga tidak berusaha untuk mencari pekerjaan lain.

Sehingga orang yang pertama tadi lebih mempunyai penghasilan dan ilmu dibanding orang yang kedua. Ini lah yang di sebut hukum kelembaman, siapa yang berani bergerak untuk melakukan kegiatan yang berguna maka ia akan lebih jauh sukses dibanding orang yang bermalas – malasan.

Oleh karena itu, marilah kita menlakukan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masa depan kita, dan jangan pernah lelah untuk belajar. Karena kelelahan kita adalah kumpulan – kumpulan energi untuk melintasi kelelahan berikutnya. Hingga kita tidak pernah lelah, bahkan lelah telah lelah mengejar kita.

  1. 2.       Hukum Sebab Akibat

Hukum sebab akibat tidak hanya berlaku secara pasti dalam ilmu eksa saja, namun juga berlaku dalam kehidupan sehari – hari. Sama seperti sebuah peribahasa : siapa yang menanam, maka ia yang akan memetik ( kecuali kalau di curi orang, hehe ) atau berakit – rakit dahulu, bersenang – senang kemudian.

Cepat atau lambat, setiap kebaikan yang kita lakukan pasti akan membuahkan hasil, begitu juga dengan kejelekan yang kita lakukan, cepat atau lambat semuanya akan terbongkar kembali pada kita.  Maka, tanamlah kebaikan dimana saja, kapan saja, kepada siapa saja, sekecil apapun itu karena tidak ada yang kecil dihadapan-Nya. Ada sebuah kisah tentang seorang ahli maksiat yang masuk surga atas kasih sayang Tuhan hanya karena orang itu memberi minum seekor anjing yang sedang kehausan, atau kisah seorang ahli ibadah yang hanya karena kesombongannya, justru masuk neraka. ( bukan berarti mengajarkan sobat untuk berbuat maksiat lhoo ).

Bertekadlah untuk berlelah – lelah selagi muda untuk belajar, bekerja dan memperbanyak silaturrahim. Dan selalulah untuk bertindak hati – hati karena di kehidupan ini banyak godaan yang selalu ingin mengagalkan niat anda untuk berbuat baik.

Ingat lah: anda hari ini, adalah cerminan  anda 5 tahun mendatang. Dan semuanya dapat dipengaruhi minimal oleh tiga faktor, siapa sahabat anda sekarang, apa yang anda baca, dan apa yang anda tonton hari ini.

Hati – hati dengan pikiranmu, karena ia akan menjadi perkataanmu,

Hati – hati dengan perkataanmu, karena ia akan menjadi perbuatanmu,

Hati – hati dengan perbuatanmu, karena ia akan menjadi kebiasaanmu,

Hati – hati dengan kebiasaanmu, karena ia akan menjadi karaktermu,

Hati – hati dengan karaktermu karena ia akan menentukan nasibmu.

  1. 3.       Hukum Peluang

Kesempatan tidak datang dua kali, sekali anda menyia – nyiakannya maka ia tidak akan pernah kembali menghampiri anda.

Pernahkah sahabat merasa kecewa karena telat mendaftar suatu perlombaan atau kegiatan lain yang kita yakin akan menjadi juara? Atau mungkin karena minder atau kurang PD sehingga anda mengurungkan niat untuk ikut perlombaan itu. Ingat, kesempatan yang sama tidak akan datang menghapiri anda untuk kedua kalinya.

Pernahkah anda di hadapkan dengan suatu kesempatan yang sangat sulit anda capai begitu juga pikiran yang di pikirkan oleh orang lain? Jika banyak orang berpikir bahwa suatu peluang itu sulit untuk di capai, maka boleh jadi disinilah kesempatan besar kita untuk berhasil. Ingat, kesuksesan tidak ditentukan oleh cerdas dan hebatnya seseorang. Kesuksesan hadir untuk mereka yang memimpikannya, dan berjuang mati – matian merealisasikan mimpi – mipinya.

Kegagalan sejati adalah saat kita tidak mau mencoba. Sebab sudah dipastikan kita sudah gagal sebelum kegagalan sebenarnya tiba. Namun jika kita berani mencoba, setidaknya ada peluang untuk menang atau minimal mendapatkan pengalaman berharga. Hingga suatu saat nanti, jika ada hal serupa, jiwa jauh lebih siap untuk mencoba mendapatkannya, satu point lebih dibanding orang yang belum pernah mencoba. Lalu apa yang di tunggu, ambilah peluang itu!

 

About PNG-PUSTAKA

Berkarya Adalah Prestasi yang Luar Biasa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bendera Pengunjung

Flag Counter

TRANSLATOR

kalender

Agustus 2011
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Lebih Dekat Lagi

Ayo Gabung dengan yang lainnya
Masukan Alamat Email mu

Bergabunglah dengan 1.906 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: